Olahraga / Rabu, 10 Juli 2024 05:36 WIB

Gol ke-109 Messi Antar Argentina ke Final Copa America 2024

BAGYNEWS.COM - Lionel Messi mencetak gol internasionalnya yang ke-109 untuk Argentina dan gol pertamanya di turnamen Copa America 2024, sekaligus memimpin sang juara bertahan mengalahkan Kanada 2-0 pada pertandingan semifinal Selasa 9 Juli 2024 malam waktu setempat atau Rabu 10 Juli 2024 dini hari WIB.

Julian Alvarez membuka keunggulan Albiceleste pada menit ke-22, dan Messi menambah keunggulan dengan mengarahkan tendangan Enzo Fernandez yang mengenai wajah kiper Maxime Crepeau pada menit ke-51. 

Messi kini telah mencetak 28 gol dalam 25 pertandingan terakhirnya untuk Argentina dan 14 gol di Copa America, hanya tiga gol dari rekor terbanyak sepanjang sejarah.

Hanya Cristiano Ronaldo dari Portugal dengan 130 gol yang memiliki lebih banyak gol internasional daripada Messi.

Dilaporkan Associated Press, fan Argentina berkumpul di Times Square pada malam pertandingan dan memenuhi jalan-jalan di Manhattan sebelum menuju ke Stadion MetLife, lokasi final Piala Dunia 2026. 

Kerumunan sebanyak 80.102 orang pada malam dengan suhu 82 derajat dan kelembaban 82% sangat mendukung Argentina, dengan hanya beberapa bagian yang didominasi oleh pendukung Kanada yang berbaju merah.

Ini adalah salah satu pertandingan terbesar untuk sepak bola Kanada, yang kalah 0-6 dalam satu-satunya penampilan Piala Dunia mereka pada 1986 dan 2022, dan memenangi satu-satunya gelar besar mereka di Piala Emas CONCACAF 2000. Argentina mengalahkan Kanada 2-0 di pertandingan pembuka Copa America 2024 pada 20 Juni lalu.

Melakukan penampilan ke-38 di Copa America, Messi absen di pertandingan terakhir grup Argentina karena cedera kaki dan tampil tidak maksimal saat bermain selama 90 menit saat Argentina menang di perempat final atas Ekuador.

Messi hampir mencetak gol dari bagian atas kotak penalti pada menit ke-12 setelah bermain umpan dengan Angel Di María. Peluang Messi berikutnya pada menit ke-44, ketika menempatkan tendangan chip yang sayangnya masih di atas mistar gawang pada waktu tambahan babak pertama.

Argentina memimpin pada menit ke-22 setelah Rodrigo De Paul mengirim umpan panjang dari tengah lapangan kepada Alvarez. Dengan cekatan, bintang Manchester City itu mengontrol bola melewati Moise Bombito, lalu menempatkan bola di antara kaki kiper Kanada Maxime Crepeau. Ini menjadi gol kesembilan Alvarez dalam 35 penampilan internasional.

Peluang Kanda dari Jonathan David digagalkan oleh Emiliano Martinez dari jarak dekat pada waktu tambahan babak pertama.

Gol Messi baru dicetak pada babak kedua, tepatnya menit ke-51. Berawal dari lemparan ke dalam, upaya clearance dari Kone mengarah ke Fernandez, yang melepaskan tembakan lalu diteruskan Messi dari dalam kotak penalti.

Bintang Kanada, Alphonso Davies, terpincang-pincang setelah kakinya terjepit dalam tantangan bersih dengan Gonzalo Montiel dan digantikan pada menit ke-71.

Martinez kembali melakukan penyelamatan dengan kakinya saat menggagalkan Tani Oluwaseyi pada menit ke-80.

Kemenangan 2-0 atas Kanada juga terasa spesial, karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Argentian, 9 Juli. Argentina juga sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 10 pertandingan.

Tim berjuluk Albiceleste itu berpeluang merengkuh gelar Copa Amerika ke-16 saat mereka menghadapi pemenang laga semifinal lainnya, Uruguay atau Kolombia yang baru berlangsung Rabu 10 Juli 2024 malam waktu setempat atau Kamis 11 Juli 2024 dini hari WIB. Partai final Copa America 2024 akan berlangsung pada Minggu 14 Juli 2024 di Miami Gardens, Florida.

sumber: beritasatu.com

Olahraga

© Bagynews.com. All Rights Reserved. Designed by HTML Codex