Ekbis / Minggu, 30 Juni 2024 12:26 WIB

Ternyata Mobil Listrik 3 Kali Lebih Bermasalah Dibandingkan Mobil Konvensional

BAGYNEWS.COM - Kendaraan listrik atau electric vehicle ternyata tiga kali lebih bermasalah dibandingkan dengan kendaraan dengan bahan bakar bensin (BBM) atau mobil konvensional. 

Hal ini diungkap oleh studi JD Power US 2024.

Mengutip Carbuzz, Minggu 30 Juni 2024, hasil studi JD Power US 2024 terkait studi kualitas awal (IQS) AS 2024 sangat mengejutkan. 

Tak hanya untuk mobil dengan full listrik atau battery electric vehicle (BEV), tetapi juga untuk kendaraan plug-in hybrid vehicle (PHEV).

Mobil listrik disebut lebih andal dari mobil konvensional. Persepsi ini didasarkan pada fakta bahwa kendaraan listrik memiliki sedikit bagain yang bergerak, sehingga akan sedikit kesalahan yang terjadi.

Meskipun perawatan lebih mudah karena tidak perlu service dan ganti oli, tetapi hasil IQS menunjukkan bahwa kendaraan listrik, baik BEV dan PHEV memerlukan lebih banyak perbaikan dibandingkan kendaraan konvensional. Studi ini bukanlah pertama yang menyebut bahwa kendaraan listrik ternyata tak sekuat yang diduga.

Pada 2024, kendaraan bertenaga listrik memiliki nilai rata-rata 180 PP100 (masalah per 100 kendaraan). Meskipun kedengarannya tinggi, BEV ternyata berada pada angka 266 PP100 yang disebut sangat mengkhawatirkan.

"Pemilik BEV dan PHEV yang canggih dan berteknologi tinggi mengalami masalah yang tingkat keparahannya cukup tinggi, sehingga mereka harus membawa kendaraan baru mereka ke dealer dengan tingkat tiga kali lebih tinggi daripada pemilik kendaraan konvensional," kata Direktur Senior Auto Benchmarking JD Power Frank Hanley.

Ia menambahkan bahwa tidak ada peningkatan kualitas kendaraan listrik yang dilakukan pada. Namun, JD Power mencatat bahwa Tesla memiliki nilai rata-rata 266 PP100.

Menariknya, Tesla telah berkinerja lebih baik dalam studi sebelumnya, karena JD Power mencatat bahwa penghilangan kontrol tradisional untuk lampu sein dan wiper kaca depan tidak diterima dengan baik oleh pelanggan Tesla.

Bila melihat ke setiap merek, RAM memiliki nilai rata-rata 149 PP100, Chevrolet 160 PP100, dan Hyundai 162 PP100 dan semuanya mendapat skor tertinggi di kategori mainstream.

Model dari RAM yakni RAM 1500 yang merupakan pikap ringan berukuran besar dengan peringkat tertinggi, sementara Chevrolet menduduki peringkat tertinggi dalam empat kategori berbeda. 

Hyundai menduduki peringkat tertinggi dalam kategori pikap menengah dengan model Santa Cruz .()

Sumber:beritasatu.com

 

Ekbis

© Bagynews.com. All Rights Reserved. Designed by HTML Codex