Pelantikan Bupati dan Wabup Siak Terpilih 21 Juni, Rohul dan Inhu Tunggu SK

BAGYNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah mengirimkan dokumen untuk penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) dan Indragiri Hulu (Inhu) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Jika dua SK tersebut keluar dalam pekan besok, maka pelantikan dimungkinkan bisa dilaksanakan pekan depan bersama pelantikan Bupati dan Wabup Siak yang dilaksanakan pada 21 Juni 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman, Minggu, 12 Juni 2021.

"Berkas untuk penerbitan SK Bupati dan Wabup Rohul dan Inhu sudah kami kirimkan ke Kemendagri. Saat ini tinggal menunggu SK tersebut keluar dari Kemendagri," ujarnya.

Dia mengatakan, kalau SK dua kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut keluar dalam pekan besok, maka pelantikan serentak tiga kepala Rohul, Inhu dan Siak akan dilaksanakan bersamaan.

"Kan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih Siak sudah dikeluarkan jadwal dan SK-nya. Kalau Bupati dan Wabup Siak dilantik 21 Juni 2021," jelasnya.

Namun kalau dalam pekan ini SK dua kepala daerah di Rohul dan Inhu belum keluar, sebut Sudarman, maka pelantikan Bupati dan Wabup Rohul dan Inhu dilaksanakan terpisah.

"Kalau sampai pekan depan SK Bupati dan Wabup Siak belum keluar. Maka Bupati dan Wabup Siak dulu yang dilantik," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui pada Pilkada Siak pasangan Alfedri yang merupakan bupati petahana bersama wakil Husni Merza menang telak dari dua Paslon lainnya, Said Arif Fadillah-Sujarwo dan Sayed-Reni.

Sementara pilkada Rokan Hulu dan Indragiri Hulu harus diselesaikan dengan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hasilnya pasangan Sukiman-Indra Gunawan menjadi pemenang di Rokan Hulu dan Rezita Meylani-Junaidi Rahmat memenangkan pilkada Inhu. (bgy/ckp)