Jelang Shalat Taraweh, Mardianto Manan Didaulat Jadi Penceramah

BAGYNEWS.COM -  Seperti biasanya, sebelum dilaksanakan shalat taraweh digelar ceramah agama atau kultum. Di Masjid Jami Koto Tinggi Pangean Minggu malam, anggota DPRD Riau, Mardinto Manan didaulat sebagai penceramah pada malam itu. Dalam ceramahnya, anggota DPRD Riau, Dapil Kuansing-Inhu ini menyinggung kebesaran Islam

Pada acara tersebut dihadiri Camat Kecamatan Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE, Ketua MUI Kecamatan Pangean Buya Sirajuddin, Ketua Tarbiyah Kecamatan Pangean Abusari dan Imam besar Masjid Koto Tinggi Pangean, serta para Kepala Desa Koto Tinggi, Kades Pulau Tengah dan Kades dari desa-desa lain yang ada di Pangean.

Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra menyerahkan infaq untuk anak yatim. (bagynews.com)

Dalam ceramahnya Mardianto yang akrab disapa MM menyinggung tentang kebesarannya Islam.

Alquran adalah simbol ilmu yang paling tinggi di dunia, tak ada yang bisa meragukan kebenaran ayat-ayat Alquran tersebut. Bahkan Allah SWT menggaransi kita suci ini pada surat yang pertama. Kita buka pada Al Baqarah ayat 2 yang artinya "Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa".

"Maka dengan ayat ini banyak para ilmuan yang tertantang dan akhirnya masuk Islam, karena tak satupun ayat-ayat dalam Alquran yang bertentangan sesama ayat di dalammya, masya Allah," kata Mardianto.

Infaq
Dari kotak infaq, masing-masing anak yatim yang hadir pada malam itu menerima sekitar Rp700-an perorang yang terdiri dari 35 orang anak yatim se-Pangean

"Saya sangat berbesar hati dan terimakasih kepada pengurus masjid yang telah serius dan telaten mengurus infaq-infaq ini. Ini akan sangat membantu warga Pangean khususnya anak yatim yang jelas membutuhkan uluran tangan kita semua," kata Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE.

Buka Puasa Bersama
Pada 3 Mei 2021 lalu, pengurus Masjid Jami Koto Tinggi Pangean mengundang buka bersama di Masjid tersebut. Pada saat itu, juga diagendakan pemberian infaq kepada anak yatim yang berasal dari kotak infaq Masjid Jami dan kotak amal yang dititipkan pada tempat-tempat keramaian di Kuantan Singingi.

Mardianto Manan secara simbolik menyerahkan infaq yang berasal dari jamaah Masjid Jami Koto Tinggi Pangean. (bagynews.com)

Dari infaq dan kotak amal tersebut, terkumpul dana sekitar Rp25 juta, dan malam itu dibagikan semuanya kepada anak yatim yang ada di Pangean.

Usai buka bersama dan pembagian infaq dilanjutkan dengan shalat Isya berjamaah dan dilanjutkan dengan shalat taraweh.

Sebelum shalat taraweh, MM juga didaulat oleh pengurus masjid untuk memberikan ceramah umum tentang kependidikan ummat dan pentingnya ilmu pengetahuan bagi generasi muda, khususnya anak-anak yatim yang berkesempatan hadir malam itu. (bgy/rls)