Realisasi Proyek Fisik Pemkab Kuansing Masih Nol, Ini Penyebabnya

BAGYNEWS.COM - Hingga bulan ini, realisasi fisik proyek di Pemkab Kuansing masih nol. Hal ini imbas dari belum dilaksanakannya proses tender atau lelang di ULP.

Plt Kabag Adminitrasi Pembangunan Setda Kuansing, Firman Amushtari, kepada wartawan mengaku realisasi fisik kegiatan masih nol.

Penyebabnya kata Firman, karena sekarang masih dilakukan pergeseran anggaran yang dilakukan di BPKAD Kuansing. Dari informasi yang Ia terima pergeseran dilakukan karena terjadi kekurangan transfer dana pusat ke daerah.

"Jadi ada masalah dana pusat kurang, minta ditransfer. Lalu ada masalah dana bagi hasil. Jadi pergeseran anggaran di BPKAD belum selesai. Permasalahan pokok yang lebih tahu di BPKAD," jelasnya.

Oleh karena itu, katanya kegiatan fisik belum dapat dilaksanakan dan realisasi masih nol. "Fisik belum berjalan. Paling yang ada realisasi keuangan gaji dan tunjangan pegawai," sambungnya.

Bahkan akunya untuk gaji bulan Mei ini mereka belum menerima, apalagi tunjangan.

Firman belum dapat memastikan kapan kegiatan fisik akan dilaksanakan. Namun ditarget setelah Lebaran. "Itu tergantung kesiapan OPD juga," ujarnya.

Setelah pergeseran tuntas kata dia, baru dilakukan di BPKA lalu diteruskan diinput lagi ke dalam sistem informasi perencanaan daerah (SIPD).

"Jadi pelaksanaan kegiatan menunggu pergeseran anggaran tuntas dilanjutkan input kedalam SIPD oleh OPD," imbuhnya. (bgy/ktc)