Polres Rohil Diminta Tindak Pelaku Ilegal Logging

BAGYNEWS.COM -  Pembalakan liar atau (ilegal logging) di Kabupaten Rokan Hilir akhir-akhir ini semakin marak. Hal ini dibuktikan dengan adanya aktifitas gerobak melansir kayu di malam hari ke gudang salah satu cukong kayu diduga dari hasil pembalakan liar.

Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Rokan Hilir, Riki Dermawan, Sabtu 24 April 2021.

Dia sangat menyesalkan hal tersebut itu masih terus marak terjadi di Baganapiapi, Kecamatan Bangko sehingga menurutnya aktifitas tersebut sudah sangat mencemaskan masyarakat di wilayah pesisir tersebut.

Untuk itu Riki Dermawan bersama Sekretarisnya Muhammad Fadhli meminta kepada aparat penegak hukum Polsek Bangko Polres Rokan Hilir untuk dapat segera menindak secara tegas diduga para pelaku pembalakan liar tersebut.

Bahkan lebih jauh pihaknya mengaku bahwa pihaknya mengaku kerap melihat dengan mata kepala mereka sendiri para buruh melangsir kayu hasil illegal logging tersebut ke salah satu gudang kayu yang berada di kota Bagansiapiapi. 

"Hampir setiap malam kita lihat para pekerja melangsir kayu ke arah kota Bagansiapiapi, dan kami menduga kayu tersebut adalah hasil dari penebangan liar (illegal logging) hampir setiap malam beroperasi antara pukul 03.00 WIB subuh," katanya.

Pihaknya selaku Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Kabupaten Rokan Hilir meminta secara tegas kepada Kapolres Rokan Hilir bersama instansi terkait lainnya dapat menghentikan aktivitas Ilegal logging oleh oknum yang tidak bertanggungjawab di wilayah hukum Polres Rohil.

Akibat pembalakan liar yang kerap dilakukan oleh oknum-oknum tersebut sehingga menurutnya nantinya dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dan merusak ekosistem lainnya.

“Kami meminta agar ini dihentikan segera. Saya juga mengharapkan dukungan semua stake holder, sehingga niat baik kami ini diharapkan segera terwujud,” bilangnya. (bgy/rls/man)