Dinas PUPR Kuansing Terus Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Pelayanan Dasar Tingkat Desa

BAGYNEWS.COM - MENJELANG akhir tahun 2021 ini, Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus memacu pengerjaan pembangunan di segala bidang.

Baik itu bidang kebina margaan, irigasi dan bidang cipta karya. Termasuk pembangunan fisik untuk fasilitas umum dan sarana pertanian irigasi terus dikebut pengerjaannya.

Hal itu disampaikan Kadis PUPR Kuansing Ade Fahrer Arif, ST,  melalui Kabid SDA dan Plt Cipta Karya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Febri, SP., M.Eng  saat dijumpai di ruang kerja, Senin 22 November 2021.

Tahun ini, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR mengelola delapan paket kegiatan pembangunan kantor desa, satu di Kecamatan Gunung Toar, Desa Koto Gunung, dan empat desa di Kecamatan Kuantan Tengah yakni Desa Sawah, Desa Beringin Taluk, Desa Koto Taluk dan Desa Munsalo Kopah.

Kemudian satu lagi di Kecamatan Singingi, tepatnya di Desa Sungai Bawang dan dua unit di Kecamatan Cerenti, Desa Teluk Pauh dan Desa Sikakak.

Kegiatan renovasi bagian atap gedung Kejaksaan dan pembangunan rumah gharim. Dari sepuluh paket kegiatan ini, bersumber dari APBD.

Selanjutnya Febri juga menjelaskan terkait Kegiatan dibidangi olehnya, Sumber Daya Air (SDA) di Dinas PUPR mengelola tiga kegiatan yaitu, kegiatan penguatan tebing sungai di Desa Pebaun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik.

Kegiatan rehablitasi irigasi rawa sawah di Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya dan Desa Pulau Deras, Kecamatan Pangean.

Banyak manfaat rehabilitasi saluran ini dapat dilakukannya percepatan tanam secara serempak serta semakin mudahnya pengaturan air di tingkat usaha tani dan dapat meningkatkan hasil pertanian.

Kemudian kegiatan kebutuhan air bersih SPAM IKK (Sistem Penyedia Air Minum Ibu Kota Kecamatan) keberadaan sistem ini untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat satu kecamatan. Untuk menyuplai air kepada masyarakat tepat waktu. Kegiatan ini direalisasikan di empat yakni di Desa Sungai Buluh, Desa Kopah, Desa Ketaping Jaya dan Desa Koto Rajo.


Sedangkan untuk seluruh kegiatan ini rutinitas pembangunan di bidang Cipta Karya progressnya sudah di atas 75?n terus digesah.

Semua kegiatan ini terus di update, per tanggal 17 November 2021.

Delapan paket kegiatan pembangunan Kantor Kepala Desa mempunyai progress pembangunan Kantor Kepala Desa Koto Gunung sudah mencapai 31.58%, pembangunan Kantor Kepala Desa Koto Taluk diangka pengerjaan 67,882 %, pembangunan Kantor Kepala Desa Munsalo Kopah pengerjaannya 34,095%, pembangunan Kantor Kepala Desa Sawah terealisasi 77,549%, pembangunan Kantor Desa Sikakak diangka 61,966%. Sedangkan untuk pembangunan Kantor Desa Sungai Bawang sudah mencapai 51,96%, dan pembangunan Kantor Desa Teluk Pauh sudah 39,841%.

Dengan pagu dana untuk satu Unit kantor kepala desa nilainya Rp523.700.750,20, berasal dari APBD Kuansing tahun Anggaran 2021.

Dilihat dari pembangunan infrastuktur pembangunan kantor desa di Kabupaten Kuantan Singingi masih diangka 30%.


Desa yang mempunyai kantor selama ini, pihak pemerintah desa untuk kegiatan pelayanan masyarakat masih di rumah pribadi kepala desa atau bangunan yang dikontrak dan jauh dari kata layak.

Dengan adanya UU tentang Desa, sekarang desa di Kuansing sudah makmur. Semoga kantor desa yang telah selesai dibangun untuk pelayanan masyarakat dan difungsikan secara maksimal, ungkap Febri.

Saat ini kegiatan tersebut sudah mulai direalisasikan oleh pihak rekanan. Dia berharap, pekerjaan tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan kontrak yang telah ditanda tangani.

Febri menyakini menjelang akhir tahun ini pengerjaan tersebut sudah selesai, dan diharapkan kepada rekanan jangan menjadikan cuaca sebagai alasan untuk menyelesesaikan kegiatan itu, pintanya. (Advetorial)