Masyarakat Reteh Antusias Ikuti Vaksinasi Tajaan KKSS dan Polres Inhil

BAGYNEWS.COM - Masyarakat Kecamatan Reteh antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang ditaja oleh Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bersama dengan Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir (Inhil) di Masjid Jami' Pulau Kijang, Rabu 17 November 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, juga bersinergi dengan tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung dan tim medis Polres Inhil.

Kapolres AKBP Dian Setyawan melalui Kapolsek Reteh AKP Muhammad Rafi mengungkapkan, masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya vaksinasi, sehingga banyak masyarakat yang antusias mengikutinya.

"Alhamdulillah masyarakat menyambut baik dan sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Sesuai dengan koordinasi kita dengan KKSS, ditargetkan sebanyak 1100 dosis dan dibagi menjadi dua tujuan, 800 dosis untuk masyarakat umum dan 300 dosis untuk siswa/siswi," ujarnya.

Apabila hari ini mencapai 1000 dosis vaksin yang tersalurkan, kata Kapolsek, maka pihaknya akan menambah sebanyak 600 dosis vaksin lagi.

"Kalau hari ini mencapai 1000 dosis yang tersalurkan, maka kita siapkan sebanyak 600 dosis lagi untuk ditambahkan, jadi semua totalnya 1700 dosis vaksin yang disiapkan," terangnya.

Senada dengan itu, Ketua KKSS Abdullah Mandu mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhil yang bersinergi meningkatkan Herd immunity atau kekebalan kelompok kepada masyarakat di daerah-daerah yang ada di wilayah kabupaten Inhil.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat melalui vaksinasi agar tidak mudah terkonfirmasi Covid-19.

"Kita KKSS Inhil tidak ada maksud lain melakukan kegiatan ini, murni mendukung pemerintah untuk pencapaian herd immunity dan terus meningkatkan vaksinasi agar bisa mencapai 70 persen warga Inhil sudah divaksin," tambahnya.

Sementara itu, Camat Reteh Abdul Pani menyatakan sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada KKSS dan Polres Inhil atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Untuk menyukseskannya, lanjut mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Inhil ini, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan lurah serta sekolah yang ada di Kecamatan Reteh.

"Alhamdulillah, semua pemerintah desa, lurah dan sekolah sudah kita koordinasikan untuk ikut berpartisipasi. Untuk itu, hari ini hanya sebahagian saja yang datang, kemudian sisanya besok dilanjutkan," kata Pani.

Selanjutnya, Pani juga mengingatkan seluruh masyarakat Kecamatan Reteh agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan 5M sesuai anjuran pemerintah, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Langkah tersebut, dalam upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.(bgy/adi)