UPTD Kesehatan Puskesmas Gunung Toar Gelar Gemas Edukasi Kesehatan

BAGYNEWS.COM -  Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius.

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) dengan melalui olahraga ringan.

UPTD Kesehatan Gunung Toar pada Sabtu 25 September 2021 kemarin mengelar senam bersama dan edukasi bagi para peserta program pengolahan penyakit Kronis (prolanis) sebanyak 30 orang yang tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan tenaga kesehatan Gunung Toar di Puskesmas setempat.

Amidalia.S.Kep, Penanggungjawab Prolanis menjelaskan, kegiatan ini sudah berdiri sejak tahun 2017 pencetus pergerakan ini adalah para pensiunan tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Gunung Toar.

Pada kegiatan ini selain dilakukan edukasi, pengukuran tekanan darah, pengecekan gula darah, pengukuran berat badan, penyuluhan kesehatan dan senam. 

Kegiatan ini rutin dilakukan seminggu sekali sudah terdata melalui pecare NS.Elvi Fitrianis, Skep dan data ini diteruskan ke BPJS Kesehatan di Tembilahan untuk setiap kegiatan
sasaran kegiatan Prolanis yaitu seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi). 

Antusias masyarakat lanjut usia untuk hidup sehat sangat tinggi suatu apresiasi masyarakat terhadap UPTD Kesehatan Puskesmas  Gunung Toar. "Untuk kegiatan prolanis sudah ada studi banding ke puskesmas kita," ungkap Amidalia.

Kepala Puskesmas Gunung Toar Hj.Wenni Syafrita, SKep mengatakan di sisi lain kegiatan Prolanis ini merupakan bentuk kepedulian Puskesmas Gunung Toar

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula edukasi Penyuluhan oleh dr. Ristika Fitri. (bgy/hnf)