Raja Kosmos Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Kolam Ikan

BAGYNEWS.COM - Ditemui di sela-sela kesibukannya, terlihat Iptu Dr.Raja Kosmos Parmulias.SH.MH, perwira yang bertugas di Polda Riau ini sedang menabur bibit ikan di kolam yang terbuat dari terpal yang terletak di jalan Gang Buntu Perumahan Mutiara Kulim Permai, Tenayan Raya, Pekanbaru.

Untuk kolam ukuran 2 x 1,5 meter ini dibuat pada akhir Desember 2020 dan mulai diisi dengan bibit ikan pada awal Januari 2021 di antaranya bibit ikan patin sebanyak 400 ekor, bibit ikan gurami sebanyak 400 ekor dan kembali ditambah dengan pengisian 1 kolam lagi sebanyak 500 ekor ikan patin.

Kegiatan ini dilakukan atas perintah Kapolda Riau melalui aplikasi Lancang Kuning yaitu program Jaga Kampung. Di masa pendemi covid 19 ini tentu akan banyak terbantu dengan pemberdayaan lahan kosong untuk dijadikan lokasi bertani dan berkolam. Sehingga, Polisi yang ada di sekitar masyarakat bermanfaat guna bagi sekitarnya dalam hal terkecil menjadi contoh.

Sebelumnya yang dibuat hanya 1 kolam diawal maret 2020 pada saat selesai melaksanakan amanah selaku Kasat Intelkam Kuansing, kolam renang anak dari bahan terpal dijadikan kolam ikan dengan memasukan bibit 200 ekor ikan dan syukur bisa dipanen pada bulan November 2020 akhir dengan membagi bagikan ke warga tetanga dan keluarga sekitar, lumayan dapat 2 hingga 5 ekor per rumah, dikarenakan keberhasilan tersebut maka ditambah 3 kolam yang berdiameter besar, tentu melibatkan para tetangga untuk membuat dan merawatnya karena lokasinya di jalan buntu gang perumahan.

Iptu Dr Raja Kosmos P, SH, MH memang aktif dikegiatan kemasyarakatan, diantaranya juga selain menjadi Dosen di Fakuktas Hukum Unri dan S2 Fisipol juga aktif di organisasi masyarakat yaitu IKKS (Ikatan Keluarga Kuantan singingi) di Pekanbaru dimana yang bersangkutan menjadi Wakil Organisasi Bidang Pemuda dan Olah Raga.

Diantara terobosannya dibidang kepemudaan yaitu telah membuat sarana informasi peluang kuliah dan kerja baik di dalam dan luar negeri bagi semua siswa SMA/SMK yang ada di Kuansing yang melibatkan Wirausaha sukses, Dosen PTN dan PTS serta mahasiswa asal Kuansing yang berhasil menaklukan dunia akademik dan usaha di dalam dan di luar negeri.

Pesan Ikos sapaan kerennya kepada pewarta sambil menutup obrolan, ayo jangan mau diam dalam kondisi nyaman, terus bergerak dan berbuat karena hari ini haris lebih baik dari hari sebelumnya, teruslah berkarya. (bgy/tlk)