Bantuan Sembako Korban Kebakaran di Panipahan dari Pemkab Rohil, Kapolda Riau Sudah Disalurkan

BAGYNEWS.COM -Pasca kebakaran di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Bantuan dari Pemkab Rohil melalui Dinas Sosial berupa beras 20 kilogram untuk masing masing kepala keluarga sebanyak 26 Kepala Keluarga yang masuk data sebanyak 22 pintu. Kemudian indomie masing masing 2 kotak, ikan sarden 2 kaleng, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, teh 2 kotak isi 100 saset kemudian susu kental manis sebanyak 2 kaleng dan biskuit 1 paket.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Rohil Rudyanto, SH, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto, SH.SIK, Kepala Dinas Sosial HM Junedi Saleh, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rohil Ali Asfar, Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Hermanto, S.Sos.

"Jadi ada delapan item bantuan yang kita serahkan untuk 26 Kepala Keluarga korban kebakaran sebanyak 22 pintu. Itu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Sosial," kata Kadis Junedi Saleh disampaikan melalui Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Rohil, Zaiful Alam Jaya Putra, S.km saat dikonfirmasi.

Alam mengharapkan bantuan yang diberikan ini semoga dapat mengurangi beban kendatipun tidak seberapa tapi inilah rasa kepedulian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui OPD dalam tanggap darurat bencana akibat bencana kebakaran.

Sementara itu, Ketua Posko Kebakaran Jalan Senangin RT 001/003 Dusun Timur, Kepenghuluan Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Edi Syahrial mengatakan, bantuan yang datang dari Pemda Rohil diterima petugas Posko Kebakaran Jalan Senangin melalui Dinas Sosial berupa beras untuk masing masing kepala keluarga sebanyak 26 kepala keluarga yang masuk data 22 pintu.

"Beras 20 kilogram untuk masing masing kepala keluarga, kemudian indomie 2 kotak, ikan sarden 2 kaleng, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, teh 2 kotak isi seratus saset kemudian susu kental manis sebanyak 2 kaleng  untuk masing masing keluarga dan biskuit 1 paket," kata Edi Syahrial.

Edi yang juga menjabat sebagai Datuk Penghulu Panipahan ini juga mengatakan, bantuan lain datang dari Vihara dari 14 perkumpulan Klenteng Klenteng yang ada di Panipahan sebanyak 66 juta rupiah yang selanjutnya diberikan per satu kepala keluarga sebanyak 3 juta rupiah.

"Kemudian ada juga bantuan lain yakni dari Bapak Kapolda Riau yaitu berupa sembako beserta indomie sebanyak 1 paket untuk masing masing kepala keluarga untuk 26 Kepala Keluarga," pungkas Edi.

Sementara, Tokoh masyarakat Tionghoa Obak mengatakan dalam waktu dekat pihaknya bersama alumni Yayasan Perguruan Kartini (YPK) yang berada diperantauan berencan akan ikut andil berpartisipasi dalam pembangunan lantai dasar rumah warga yang menjadi korban kebakaran.

"Nanti kita akan coba melakukan rapat bersama kawan kawan alumni dari Perguruan Kartini membahas pembangunan lantai dasar rumah warga yang terbakar akan kita cor. Sementara nanti pembangunan fisiknya terserah pemilik rumah mau dibuat model apa," kata Obak, menambahkan. (bgy/man)