Terus Lakukan Pembinaan, Yulizal Ingin Perpustakaan di Inhil Jadi Wadah Mencari Ilmu, Informasi dan Rekreasi yang Menarik

BAGYNEWS.COM - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal terus melakukan pembinaan terhadap perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerah tersebut.

Langkah ini dilakukan, dalam upaya menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang dituju oleh para siswa dan masyarakat yang ingin mencari ilmu serta informasi yang dibutuhkan, sekaligus sebagai salah satu wadah rekreasi yang menarik untuk dikunjungi.

"Kita ingin bagaimana perpustakaan ini menjadi tempat yang menarik untuk didatangi, sehingga selain mendapat ilmu dan informasi, siswa dan masyarakat juga senang berada di perpustakaan," ujar Yulizal usai melakukan pembinaan di salah satu perpustakaan di Inhil, kemarin.

Oleh karena itu, lanjutnya, pada tahun ini DPAD Inhil memprioritaskan pembinaan perpustakaan yang ada di kecamatan-kecamatan.

"Tahun depan rencananya baru ke tingkat desa, dengan program Satu Desa Satu Pustaka, serta juga akan dibentuk 1 Rumah TBM (Taman Baca Masyarakat) di setiap desa," tambah Yulizal.

Selanjutnya, ia berharap agar seluruh pihak dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung upaya DPAD Inhil meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat.

"Jadi, bagaimana kita bisa menumbuhkembangkan minat masyarakat yang tak membaca menjadi mau membaca. Itu tugas kita," terang mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Inhil ini.

Terakhir, Yulizal meminta kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) agar memperhatikan dan terus melakukan pembenahan terhadap perpustakaan yang ada di sekolahnya masing-masing.

"Sekolah yang telah mengutus satu orang guru untuk ikut Bimtek/Latihan Kepala Perpustakaan Sekolah dan Managemen Pengelolaan Perpustakaan yang dilaksanakan ATPUSI kemarin, kiranya dapat menerapkan di perpustakaan sekolah masing-masing dan jangan sekedar untuk mendapat sertifikat saja. Insya Allah, kami dari DPAD akan turun melihat perkembangan hasil Bimtek/Latihan tersebut," imbuhnya.(bagy/adi)