Peringati HUT ke-16 di Tengah Pandemi, Pemkab Rohul aakan Gelar Zikir Virtual Hingga Santuni Anak Yatim

BAGYNEWS.COM - Peringatan hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke-XXI yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2020 mendatang, berbeda pelaksanaannya dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, di tengah pandemi corona atau Covid-19, Pemkab Rohul akan memperingatinya secara sederhana dan melakukan zikir secara virtual hingga menyantuni anak yatim.

Pernyataan itu dikatakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rohul Drs H. Masrul Kasmy M.Si kepada awak media, usai memimpin papat persiapan HUT Rohul ke XX1 bersama Sekda, Asisten dan Kepala OPD Rohul, di ruang rapat Kantor Bupati Lantai II, Pasirpengaraian, Senin 5 Oktober 2020.

Diakui Masrul Kasmi, peringatan HUT Rohul ke XXI tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun lalu banyak rangkaian acara seperti upacara, perayaan, bazar, hiburan rakyat dan lainnya. Karena di tengah pandemi Covid-19 peringatan HUT Rohul digelar tanpa upacara hanya dilaksanakan rapat paripurna dan kegiatan lainnya tanpa mengundang massa dalam jumlah banyak.

"Saya tadi minta kepada panitia acara HUT Rohul tidak seperti tahun lalu, tahun ini harus menyesuaikan dengan kondisi hari ini di tengah pandemi, nanti tidak ada upacara, kegiatan menimbulkan kerumunan. Cuma ada rapat paripurna, kemudian perayaan yang sifatnya mengumpulkan massa tidak banyak," kata Masrul

Tanpa menghilangkan makna itu, tambah Pjs Bupati, Pemkab akan menggelar kegiatan religius seperti zikir dan muhasabah secara virtual yang dihubungkan seluruh kecamatan dan desa se Rohul tanpa menghadirkan ribuan orang.

"Tanpa menghilangkan makna itu sendiri, masyarakat juga merasakan sebuah rasa syukur, kita cari macam-macam caranya dengan tatanan Protokol Kesehatan, kita buat Zikir, muhasabah dibuat di masjid secara virtual dengan pihak kecamatan. Jadi itu tidak membawa ribuan orang. Jadi cara-cara itu kita manfaatkan informasi tekhnologi (IT) kita gunakan seperti itu," ujarnya

Selain berzikir secara virtual, Bahkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kemasyarakatan Setdaprov Riau ini meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk patungan menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk anak yatim, panti  asuhan dan membeli masker.

"Kita patut bersyukur, masing-masing pegawai ini ada karena ada Kabupaten ini lah bisa menjadi pegawai, dapatlah gaji tunjangan dan fasilitas, macam saya ini kan jadi Pjs dapatlah, jadi kita bisa berpartisipasi apa yang ada bisa kita bantu, ada sedikit rezeki kita sumbang, kita kasih makan anak yatim, datang ke Panti Asuhan, Kita belikan Masker dan kita bagikan ke masyarakat itu bentuk-bentuk rasa syukur," kata Masrul

"Kita berikan nanti pada hari H HUT Rohul, bersama Ibuk PKK dan organisasi Wanita di Rohul dan tim-tim kita bagikan bersama Satpol PP ke Panti Asuhan, Pasar-pasar dan tempat umum, sambil mengingatkan warga bahwa hari ini adalah kita sedang memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hulu," pungkasnya.(Adv/Pemkab Rohul)